Sabtu, 31 Desember 2016

Kisah Misteri Telaga Warna Bogor

     Zona Misteri - Telaga Warna merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat indah dan menakjubkan. Telaga warna ternyata bukan hanya ada di Dataran Tinggi Dieng tapi ternyata ada juga di daerah Puncak, Bogor. Telaga Warna ini tak kalah cantik dan indah dengan Telaga Warna, Dieng. Namun, di balik keindahannya telaga ini juga memiliki kisah mistis yang dipercaya oleh warga setempat sampai sekarang.


Di kalangan warga lokal, Telaga Warna juga terkenal sangat angker bahkan dulu hampir tidak ada orang yang berani mendekati tempat ini. Ada sebuah legenda yang diceritakan secara turun temurun, bahwa telaga ini muncul akibat seorang putri raja yang bernama Gilang Rukmini yang murka, Telaga Warna ini dipercaya sebagai salah satu peninggalah zaman Kerajaan Kutatanggeuhan. Kerajaan ini dipimpin oleh seorang raja dan ratu yang sangat bijak. Sayangnya, ia tak juga diberi keturunan. Hingga akhirnya mereka setelah penantian panjang berkat usaha dan doa, beliau dikaruniai putri yang cantik. Ia pun tumbuh jadi gadis kesayangan sang raja dan ratu, namun sangat manja.

Suatu hari  tiba hari ulang tahun sang putri, ia meminta kado sebuah kalung yang indah dan belum dimiliki oleh siapapun. Raja pun menyuruh pasukan kerajaan untuk mencari kalung tersebut. Sayangnya, pasukan itu kembali tanpa membawa kalung yang diminta sang putri. Ratu pun memberikan kalung dengan batu permata yang berkilauan yang ia miliki untuk buah hatinya.

Pemberian ratu ini di tolak oleh sang anak, ia pun merasa sedih dan menangis. Merasa sedih air mata sang ratu mitosnya berubah menjadi gelombang air mata dan menenggelamkan kerajaan dan juga putri kesayangannya. Mitos tersebut konon menjadi legenda. Kemudian perubahan warna-warni pada telaga warna ini konon berasal dari batu permata pada kalung milik sang ratu yang terkena pantulan cahaya.

Mitos selanjutnya tentang keberadaan sepasang ikan yang disebut dengan Tihul dan Larung. Ikan khas ini memiliki khas berwana kuning dan hitam yang selalu muncul berdampingan. Konon ikan ini berasal dari sumber air di daerah Cianjur yaitu Carongge yang kadang juga muncul di sumber mata air Cibural, Bogor. Secara logika harusnya ikan ini tak bisa mencapai sumber mata air dan muncul di Telaga Warna Bogor. Inilah yang sering menjadi tanda tanya besara bagi warga yang melihat ini.

Itulah kisah misterius yang masih dipercaya warga setempat. Entah benar atau tidak legenda ini sudah merebak dan menjadi warisan yang diceritakan secara turun-temurun. Boleh percaya atau tidak, namun tempat ini menjadi bukti keindahan alam Indonesia yang menakjubkan.


EmoticonEmoticon